Wednesday, February 2, 2011

Perihal WordCamp Indonesia 2011 Itu

Hooooahm.. ngantuk tuips.. Itulah WordCamp Indonesia 2011 hari pertama tanggal 29 Januari 2011 kemaren. Hehe, bukan karena acaranya yang kurang menarik, tapi lha wong rombongan dari Jogja itu baru dateng di hotel langsung berangkat ke Bumi Sangkuriang. Tanpa mandi lho tuips, eh saya mandi ding. :) Itu om-om yang itu tu yang pada nggak mandi, jorok ya.. *piss om..piss..*

Oke, saya cerita dari awal aja ya, kalo dari akhir ntar malah pada bingung. :D Ceritanya rombongan Jogja yang berangkat ke WordCamp Indonesia itu beranggotakan sebagai berikut : @IrwanKarta, @jauhari, @LifeHacks @tediscript @gieart_dotcom dan saya sendiri @gojeg. Malam itu kami naik kereta Lodaya, berangkat dari Stasiun Tugu jam 21.27 WIB. Kalo orang luar negeri sana bilangnya GOAT gitu deh, Geeks On A Train, artinya segerombolan orang-orang ganteng naek sepur kali ya..

Dan petualangan pun dimulai, belum lama kereta berjalan, pak @jauhari mengeluarkan bekal berupa walang goreng (belalang goreng) 2 toples. Ketoknya enak banget e tuips, warnanya itu menggoda, suthangnya melambai-lambai bagaikan mengajak saya untuk memakannya. Akhirnya kami semua makan si belalang-belalang goreng itu, enak naaan.. pokmen nek mandheg rasane pait. Berhubung enak, saya makannya juga banyak. Berhubung makannya banyak, saya haus. Berhubung haus, ya saya minum.

Beberapa jam setelah belalang-belalang itu masuk perut, mas @IrwanKarta merasakan hal aneh pada kulitnya. Gatel-gatel bentol-bentol mbithu-mbithu gitu tuips, hehe.. Saya masih tenang-tenang saja, nggak ada reaksi apa-apa di tubuh saya. Nah, beberapa jam setelah itu, reaksi belalang itu baru menyerang saya, dimulai dari daerah lakang saya. :) Ediaan, guatele pol tuips! Trus ekspansi ke tangan, trus ke kuping, leher, punggung, paha, kempol, dan dlamakan tangan. Dan sepanjang sisa perjalanan saya habiskan untuk kukur-kukur. :((

Kami sampai di Stasiun Kereta Bandung sekitar jam 8 pagi, langsung ke hotel Cihampelas 2, pada nggak sempet mandi, tapi saya sempet koq tuips, masak habis gatel-gatel gitu nggak mandi. :P Setelah semua beres, kami berangkat ke Bumi Sangkuriang jam 9 lebih. Sampe tempatnya langsung daftar ulang, trus duduk deh, dengerin pembicara ngomong.

Ini sebenarnya cuma pencitraan saja lho tuips, mari kita melihat dari sudut pandang om @tediscript sama om @LifeHacks

Sudah bisa melihat obyeknya?

Naaah, ini lho tuips, sebenarnya om-om yang tadi itu nggak ndengerin yang ngomong didepan. :D

Pas makan siang sama @icreativelabs, @agoes82, sama @leksa

Dari kiri ke kakan : @leksa, @IrwanKarta, @LifeHacks, @kardotim, @jauhari, @tediscript, @gieart_dotcom

Habis acara selesai foto sama mas @zuldesign

Ini sama @pakzam

Kalo yang ini sama timnya @colorlabs, yang bikin WP theme Athemia itu lho tuips.

Hari pertama WordCamp Indonesia 2011 ini lumayan lama sampe ada makan malam juga. Oh iya tuips, makanan di WordCamp ini lumayan kacau, mungkin itu makanan yang diracik khusus buat bule-bule. Hari pertama sih masih mendingan, ada sotonya. Selain itu nggak cocok dilidah ndeso saya ini. :) Apalagi hari kedua, tiwas saya ngambil sayur ijo-ijo itu banyak banget tapi akhirnya nggak tak makan, lha rasanya aneh banget e. Sampe pelayannya geleng-geleng liat sisa-sisa makanan di meja kami.

Untuk konsep acara WordCamp-nya sendiri menurut saya asik, dengan meja-meja bundar gitu lebih leluasa untuk gerak dan ngobrol. Ato mungkin itu emang dibuat gitu biar peserta bisa nyari temen sebanyak-banyak buat kerjasama ato nyari jodoh juga bisa koq. :D

Para spikernya juga keren-keren, mereka adalah para developer dan desainer yang bisa hidup dari WordPress, mulai dari bikin themes, plugins, dan ngoprek WordPress buat keperluan khusus. Karena popularitas WordPress sekarang ini semakin menanjak. Intinya, mereka bener-bener menginspirasi kita untuk lebih kreatif dan berani memulainya.

WordCamp kali ini nggak jadi ndatengin om Matt Mullenweg, tapi digantiin sama om Karim Osman. Orangnya grapyak lho tuips, murah senyum, wajahnya mirip sama Theo Walcott. :D Om @kardotim ini Happiness Engineer di WordPress, tapi di WordCamp dia cuma bicara masalah fitur-fitur baru di WordPress 3.1.

Setelah acara hari kedua, rombongan Jogja langsung ke hotel, trus belanja-belanja (tuku dodol maksute), trus ke stasiun. Dapet kereta Lodaya lagi berangkat jam 8 malam, kami pun pulang ke Jogja. Perjalanan pulang ini lebih enak buat tidur, hehe. Jadi nggak ada ceritanya. :D

Thanks guys, thanks Bandung.
Kami tunggu tahun depan di Jogja.