Saturday, October 16, 2010

Perihal Keluarga Itu

Saya ini tinggal di Jogja cuma ngekos (sebenarnya ada sodara di Kotagede tempat asal ibuk saya, tapi cuma setahun di sana trus pindah ngekos), dan kos-kosan saya ini jadi satu sama yang punya kos, ada bapak kos ada ibuk kos, ada anak kos juga,jadi komplit tinggal di rumah kecil itu. Kamarnya kan cuma 3, yang satu saya tempatin, yang satu ditempatin teman saya, yang satunya lagi juga ditempatin teman saya yang lain. Tapi untung kamar kosnya nggak di dalam rumahnya yang punya kos *nek dadi siji mending bobok neng kose koncoku*, jadi nggak terlalu terasa atmosfer keluarga itu.

Nah, keluarga itu sedikit unik, uniknya dimana coba? *lha mboh*, keluarga itu muslim bapak ibuk saya yakin juga muslim sejak lahir, begitu pula anaknya. Bapak kos saya ini orangnya halus *po meneh nek ngomong boso jowo kromo*, tapi nggak sholat nggak puasa juga, entah sejak kapan beliau kayak gitu. Si ibuknya itu masih sholat masih puasa juga, tapi omonganya itu rada susah diatur. Bapak kos itu sering kekandhan *menasehati kui artine* sama anaknya, pokoknya kalo waktu sholat yang disuruh sholat, dan beberapa nasehat yang lain. Cara bicaranya halus, enak didengerin. Kalo ibuk kos, lebih sering memarahi anaknya, kalo nggak marahin ya ngasih tau dengan cara agak kasar lah, tapi nggak pernah ngingetin anaknya buat sholat. Kalo nggak nurut ya ujung-ujungnya dimarahin. :D Yang jadi masalah sekarang adalah si anak, bagaimana dia tumbuh di antara bapak dan ibuk yang lumayan unik itu. Dia itu mau niru siapa coba? Wong bapaknya nggak pernah nyontoni sholat sama puasa, dan ibuknya kalo ngasih tau mesti berujung marah-marah.


Itu belum seberapa, bapak ibuknya ini sering melontarkan #eaaa kata-kata olok di depan anaknya, anaknya juga sering kena olok-olokan itu. Parahnya lagi, anaknya berani bales olok-olokan itu. Jadi bingung juga saya ini. Kasian anaknya, tapi nggak bisa ngapa-ngapain.

Ini sore-sore malah ngrasani satu keluarga, hehe. :))
Pesen saya buat para pemirsa yang terhormat, jangan pernah memberikan contoh buruk kepada anak-anak anda. Karena anak anda itu yang bisanya niru orang tua, hati-hati kalo ngomong sama anak. Anak anda besok kalo jadi orang tua bisa lebih parah dari anda lho. :D

Tulisan di atas dibuat karena yang punya blog lagi nggak ada kerjaan, maap kalo tulisannya ngawur dan tidak bermutu. *woh, wis maghrib, sholat sek mas dap*